Friday 27 November 2009

KOMUNIKASI

KOMUNIKASI
Komunikasi sangatlah penting dalam suatu organisasi karena digunakan sebagai alat untuk saling berinteraksi antar individu. Dengan berkomunikasi kita dapat berhubungan dengan orang di sekeliling kita serta bertukar pikiran yang bisa menambah wawasan seseorang dalam bekerja atau menjalani kehidupan sehari-hari. Sudah dipastikan bila suatu organisasi tidak memiliki komunikasi yang baik maka organisasi tersebut tidak dapat berjalan secara optimal.
Dalam berkomunikasi ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar komunikasi tersebut berjalan dengan baik :
1. Jelas yaitu berkomunikasi dengan menggunakan bahasa yang mudah dimengerti oleh pendengar.
2. Tepat yaitu memberikan berita atau informasi kepada orang yang membutuhkan.
3. Sasaran yaitu tujuan pemberian berita atau informasi sebaiknya sesuai dengan yang diharapkan si pengirim.
Ada 2 alasan mengapa komunikasi dapat berlangsung yaitu :
a. One Way Traffic adalah komunikasi satu arah yang artinya komunikasi ini terjadi jika seseorang yang mengirim berita tidak mengharapkan respon dari orang yang menerimanya secara langsung. Jadi hanya bermaksud memberikan informasi yang tidak perlu dikomentari oleh si pendengar.

b. Two Way Traffic adalah komunikasi dua arah yang artinya komunikasi yang terjadi antara seseorang dengan orang lain dimana kedua orang tersebut sama-sama aktif dalam memberi tanggapannya masing-masing. Jadi, baik komunikator maupun komunikan sama-sama aktif dalam berinteraksi.
Di samping bentuk-bentuk komunikasi yang bisa terjadi dalam suatu organisasi di atas bisa dilihat juga bagaimana komunikasi bisa dilakukan antara orang yang satu dengan orang yang lainnya. Adapun cara-cara komunikasi dilakukan bisa melalui di antaranya :
1. Komunikasi langsung
Yaitu komunikasi yang dilakukan dalam menyampaikan berita, laporan maupun perintah antara si penyampai berita(komunikator) kepada si penerima berita(komunikan) dilakukan secara langsung.

2. Komunikasi tidak langsung
Komunikasi yang terjadi jika dalam penyampaian berita tidak dilakukan secara langsung melainkan lewat orang lain atau secara tertulis sehingga tidak ada respon antar si penyampai dengan si penerima berita tersebut.
3. Komunikasi horisontal
Komunikasi ini terjadi apabila pesan, berita laporan maupun informasi yang disampaikan oleh si komunikator kepada si komunikan bertujuan untuk menjalin hubungan baik dengan sesama karyawan maupun bertujuan untuk melakukan koordinasi dalam bekerja sama.
4. Komunikasi formal
Komunikasi yang dilakukan antara sesama anggota organisasi disesuaikan dengan tingkatan dalam struktur organisasi. Bila komunikasi disampaikan dari atasan ke bawahan biasanya komunikasi ini digunakan untuk menyampaikan suatu perintah. Akan tetapi bila komunikasi dilakukan dari bawahan ke atasan maka komunikasi ini biasanya digunakan untuk menyampaikan laporan dari perintah yang telah dikerjakan.



5. Komunikasi informal
Komunikasi informal yang terjadi karena adanya komunikasi antara sesama karyawan dalam suatu organisasi. Komunikasi ini biasanya disebarluaskan melalui desas-desus atau kabar angin dari mulut ke mulut dari satu orang ke orang yang lainnya dalam suatu organisasi dimana keberadaanya tidak bisa dijamin karena kadang-kadang bertentangan dengan perusahaan.

MASALAH
1. Bagaimanakah komunikasi yang efektif dalam suatu perusahaan ?
Jawab : komunikasi dapat dikatakan efektif apabila seluruh anggota dalam perusahaan tersebut dapat saling berinteraksi antar satu dengan yang lain secara baik. Mereka mempunyai kesempatan untuk menyampaikan pendapat mereka masing-masing dan yang lainnya harus mau untuk memberikan respon terhadap apa yang telah disampaikan.

2. Komunikasi media elektronik apakah yang efektif dalam perusahaan ?
Jawab : Telephone, karena telephone mudah digunakan untuk menyampaikan komunikasi secara cepat dalam suatu perusahaan. Telephone digunakan untuk menghubungkan antar ruangan/lantai pada suatu perusahaan. Biasanya dengan menekan nomor extension tertentu kita dapat terhubung langsung ke ruangan/lantai tertentu. Selain itu, harga telephone masih sangat terjangkau dan sangat mudah ditemukan.

3. Dampak positif dan negatif dari komunikasi dalam perusahaan ?
Jawab :
Dampak positif :
- Terjalin hubungan yang baik antar sesama anggota,
- Memperlancar program kerja,
- Memberikan keuntungan kepada perusahaan,
- Menciptakan suasana kerja yang nyaman,
- Dapat menyampaikan suatu informasi
- Dll..
Dampak negatif :
- Terjadinya kesalahpahaman antar sesama anggota

No comments:

Post a Comment