Thursday 24 March 2011

Macam-macam minuman sehat dan praktis


Apa minuman kesukaanmu? Sekarang ni, banyak banget minuman instan yang ditawarkan. Jika kita sembarangan memilih minuman, maka peluang untuk memiliki penyakit darah tinggi, kanker atau sakit jantung semakin besar. Ini beberapa tips dalam memilih minuman yang menyehatkan.

1. TEH

Semua pasti tahu bahwa teh memiliki khasiat yang luar biasa sebagai anti oksidan. Teh hitam adalah teh paling populer di dunia. Lebih dari 94% jenis teh yang dikonsumsi manusia, semuanya merupakan teh hitam. Minuman berwarna cokelat muda atau cokelat tua ini dipercaya secara klinis mampu mengurangi resiko terinfeksi kanker karena mengandung anti oksidan alami. Sama halnya dengan teh hijau.

2. JAMU atau HERBAL

Ternyata jamu merupakan salah satu minuman tradisional yang baik untuk tubuh. Bahkan jamu menjadi salah satu bagian budaya dari bangsa Indonesia. Minuman jamu awalnya berasal dari rebusan daun, batang, akar, bunga atau buah dari tanaman tertentu. Jamu dipercaya dapat meningkatkan vitalitas, menyembuhkan dari beberapa macam penyakit mulai dari flu, hingga kanker.

3. JUS

Selain teh dan jamu, minuman yang berasal dari sari buah juga adalah pilihan tepat dan praktis. Buah kaya kandungan vitamin dan serat yang baik untuk pencernaan. Radikal bebas bisa ditangkal dengan kandungan anti oksidan yang terkandung di dalam buah-buahan. Saat ini banyak disajikan jus dalam berbagai bentuk kemasan. Kita perlu teliti dalam memilih minuman kemasan. Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan :

· Komposisi dan nilai gizi

Jangan pernah malas untuk membaca kemasan jus yang anda ingin beli. Perlu kita ketahui, kebutuhan gizi setiap orang berbeda. Contohnya, perempuan indonesia yang berusia 19-29 tahun, dalam sehari membutuhkan hingga 1900 Kkal.

· Pilihlah yang tanpa pengawet

Pengemasan yang memungkinkan tak digunakannya bahan pengawet adalah dengan cara UHT (ultra high temperature), dengan kemasan aseptik yang kedap udara dan cahaya. Kemasan aseptik yang digunakan melindungi jus buah dari paparan udara dan cahaya. Bahkan sinar ultraviolet tidak bisa menembus kemasan.

· Bukan terbuat dari gula buatan

Buah-buahan mengandung gula alami. Jus buah yang tidak ditambahi gula adalah pilihan terbaik. Namun, buah yang diproses sering tidak semanis yang diharapkan oleh pembeli. Maka ditambahkanlah pemanis berupa gula alami atau gula buatan.

1 comment:

  1. teh masih jadi minuman praktis favorit kebanyakan orang, seperti yang ini http://goo.gl/9S84ef

    ReplyDelete