Monday 7 June 2010

Disc yang berkapasitas 320GB


Udah pada tau kan kalo sekarang ada laptop yang mampu menyimpan data sebesar 960 GB dan PC (personal computer) yang memiliki kapasitas 3,2 TB (tera byte) untuk menyimpan data? Itu sih biasa, gimana dengan keping CD? Sedangkan disc yang bisa nyimpen data sebesar 100GB dan 200GB juga udah mulai dirilis, itulah yang disebut teknologi.

Blue-ray disc. TDK sudah melakukan terobosan di CEATEC 2009 sedang perusahaan produsen disc ini mendisplay disc yang mampu menyimpan data sebesar 320GB disc dengan 10 layer (32GB per layer).

Disc ini berfungsi jika menggunakan blue-violet semiconductor laser dengan panjang gelombang oscillasi sekitar 405nm dan objective lens dengan numerical aperture (NA) 0,85 ( bingung ya bacanya? Hehehehe) maksudnya adalah disc yang bisa dibaca dan "write" menggunakan teknologi blue laser.

Jadi pada intinya disc ini secara keseluruhan mirip blueray disc. Struktur disc ini terdiri atas : ada cover layer, hard coat layer (berfungsi melindungi disc dari goresan), recording layer dan Si-Cu alloy layer. TDK sudah melakukan pengujian disc ini dan mendapatkan hasil bahwa disc ini bisa dipercaya untuk penggunaan secara komersil.

Cuman berita buruknya adalah belum adanya kejelasan kapan disc ini bakal dirilis, jadi tungguin aja beritanya.

No comments:

Post a Comment