Monday 7 June 2010

Perangkat Input Output

Perangkat Input Output adalah perangkat komputer yang berfungsi untuk membantu memasukkan data atau mengeluarkan data, atau sekaligus memasukkan dan mengeluarkan data.


A. Perangkat Input

Perangkat input berfungsi sebagai media yang menjadi perantara antara sistem komputer dengan lingkungan di luarnya sehingga sistem komputer dapat mengerti instruksi dari manusia. Saat ini sudah sangat beragam bentuk dan jenis dari perangkat input/output terutama dengan perkembangan sistem artificial intelligence dimana komputer dan manusia dapat berkomunikasi secara lebih interaktif.

Beberapa Contoh Perangkat Input, antara lain :

· Keyboard

Keyboard merupakan papan kunci yang terdiri dari beberapa tombol yakni huruf dari A-Z, angkat dari 0-9, karakter khusus seperti @, %, *, !, ?, dan beberapa tombol fungsi antara lain F1-F12, tombol windows, dll.

Cara kerja dari sebuah keyboard yaitu apabila ditekan sebuah tombol, maka suatu interrupt dari mesin akan timbul dan keyboard interrupt handler (sebagian kecil perangkat lunak yang merupakan bagian dari sistem pengoperasian) akan dimulai. Interrupt handler akan membaca register perangkat keras di dalam pengontrol keyboard untuk mendapatkan karakter yang baru saja ditekan. Ketika tombol dilepaskan, interrupt kedua akan ditimbulkan.

· Mouse

Mouse merupakan peralatan input yang berfungsi untuk menentukan posisi pointer pada layar komputer. Pada awalnya, mouse menggunakan sebuah bola kecil yang dapat digerakkan dengan bebas. Namun saat ini sudah banyak beredar mouse yang menggunakan sistem optik sebagai acuan gerakannya.

· Touch Pad

Touch pad adalah perangkat yang fungsinya sama persis dengan mouse. Hanya saja gerakan pointer pada touch pad tergantung dari gerakan jari yang disentuhkan pada alat tersebut. Saat ini touch pad banyak digunakan pada laptop atau notebook.

· Touch Screen

Touch Screen merupakan jenis perangkat input yang sangat populer saat ini. Perangkat ini berupa monitor yang dapat menerima input dari pengguna dengan cara ditekan pada sisi monitornya. Hal ini sangat memudahkan pengguna untuk mengoperasikan sistem operasi GUI sehingga dapat lebih interaktif. Namun biaya yang diperlukan masih terlalu mahal bagi masyarakat pada umumnya. Monitor jenis ini memiliki dua peranan sekaligus, yaitu sebagai input dan output.

· Pen Input

Pen input merupakan jenis perangkat input yang berfungsi sebagai pengganti pena untuk menulis maupun menggambar. Hal ini tentu saja memudahkan pekerjaan para desainer grafik agar lebih mudah untuk menggambar di komputer daripada menggunakan mouse. Biasanya terdapat alas sebagai media untuk menulis atau menggambar.

· Perangkat Entri Data

Perangkat ini termasuk ke dalam perangkat input karena berfungsi untuk melakukan proses entri/memasukkan data dari berbagai bentuk informasi untuk dapat disimpan sebagai data di sebuah komputer. Beberapa jenis mesin ini adalah:

o Image scanner, yaitu alat untuk memindai sebuah objek gambar untuk disalin ke dalam bentuk file dengan format gambar agar dapat disimpan ke dalam komputer.

o Barcode scanner, yaitu alat untuk memindai kode barcode yang biasanya terdapat pada setiap produk, sebagai identitas bagi produk tersebut. Barcode scanner digunakan untuk menyalin gambar barcode ke dalam bentuk pengkodean yang asli.

o Finger scanner, yaitu alat yang digunakan untuk memindai sidik jari seseorang untuk disalin menjadi informasi yang dapat disimpan ke dalam komputer. Bentuk sidik jari dikodekan ke sebuah bentuk informasi yang dapat disimpan.

o Mikrofon, merupakan alat untuk mengubah gelombang suara menjadi gelombang listrik analog. Dari sinyal analog ini kemudian diubah ke bentuk sinyal digital oleh sebuah alat yang dinamakan sound card. Dari data digital ini komputer bisa mengenali suara yang dimasukkan ke dalam mikrofon sehingga bisa diproses oleh sistem komputer.

o WebCam dan HandyCam, merupakan alat untuk menangkap objek gambar atau pemandangan secara real-time untuk disalin ke format video di dalam komputer.

B. Perangkat Output

Sama seperti halnya perangkat input, perangkat input juga berfungsi sebagai media yang menjadi perantara antara sistem komputer dengan lingkungan luar sehingga sistem komputer dapat mengerti instruksi dari manusia. Jenis perangkat output sangat beragam bergantung dari kebutuhannya.

· Display Screen

Display Screen merupakan perangkat untuk menampilkan gambar yang sedang disajikan oleh sistem komputer. Gambar yang ditampilkan adalah hasil pemrosesan data baik dari hasil input maupun proses sistem komputer. Display screen pada sistem komputer dipasang melalui port yang ada pada video adapter (biasanya disebut video card atau VGA card). Video adapter berfungsi untuk merubah kode digital grafik dari komputer menjadi sinyal yang dapat dimengerti oleh perangkat display screen.

Beberapa jenis dari display screen adalah:

o Monitor, menyajikan gambar pada layar kaca. Jenis monitor adalah CRT, LCD, dan Plasma.

o Proyektor Digital, menyajikan gambar dalam bentuk sinar yang dipancarkan ke sebuah layar penerima. Cara kerjanya seperti proyektor film yang butuh layar untuk menangkap gambar. Biasanya orang menyebut Digital Proyektor dengan nama Infocus atau LCD Display.

o Flat Panel, menyajikan gambar ke sebuah panel yang cukup besar. Sebuah flat panel bisa mencapai ukuran sebuah layar bioskop.

· Hardcopy Device

Hardcopy device merupakan alat untuk menghasilkan hasil keluaran berupa hardcopy atau cetakan. Hardcopy device terdiri atas printer dan plotter, dimana printer digunakan untuk mencetak dengan ukuran standar sedangkan plotter digunakan untuk mencetak pada ukuran kertas yang sangat besar.

Printer hanya dapat mencetak pada kertas ukuran kecil sampai sedang (biasanya sampai ukuran A3), sedangkan plotter bisa mencetak pada kertas dengan ukuran yang sangat besar. Beberapa jenis printer adalah:

o Dot Matrix, memiliki nilai DPI yang sangat rendah sehingga memiliki hasil cetakan yang kurang bagus. Printer ini menggunakan pita tinta seperti pada mesin ketik untuk dapat menghasilkan cetakan di kertas.

o Laser, merupakan printer yang menggunakan teknologi laser untuk mencetak. Printer ini memiliki kualitas cetakan yang sangat bagus namun harganya cukup mahal.

o Tinta, merupakan printer yang menggunakan tinta cair untuk mencetak di kertas. Hasil cetakan printer ini cukup baik tergantung dari tipe printer.

o Thermal, merupakan printer yang menggunakan sistem pemanasan untuk menghasilkan cetakan pada medianya. Biasanya jenis printer ini digunakan untuk mencetak kartu sejenis kartu dan untuk mencetak sampul CD.

· Speaker

Speaker merupakan perangkat yang dapat menghasilkan gelombang suara. Speaker pada sistem komputer dipasang melalui port sound adapter. Jadi, komputer harus memiliki sound adapter (biasanya disebut sebagai sound card) supaya bisa menghasilkan suara. Saat ini sudah terdapat berbagai macam jenis speaker, mulai dari yang konvensional sampai yang memiliki subwoofer agar menghasilkan kualitas suara yang baik.

Kesimpulan

Sistem operasi yang berkembang saat ini sangatlah berperan penting dalam pengaturan perangkat input dan ouput dalam suatu sistem komputer. Dengan adanya sistem operasi maka perangkat input dan output yang terdapat pada suatu sistem komputer dapat diatur secara langsung dan mudah oleh pengguna. Mungkin sistem operasi saat ini jauh lebih baik dibandingkan dengan sistem operasi dahulu karena sistem operasi sekarang sudah lebih terintergrasi sehingga mampu mengelola perangkat input ataupun output yang lebih kompleks.

No comments:

Post a Comment